Kabupaten Nagekeo

mbay-tampak-dari-ketinggian_1Kabupaten ini terletak di bagian utara Pulau Flores dengan ibukota terletak di Mbay dan berbatasan dengan Kabupaten Ende di sebelah timur dan Kabupaten Ngada di sebelah barat. Kota Mbay terhubung melalui jalur transportasi sedaratan Flores dari ujung timur Pulau Flores di Larantuka sampai ke ujung barat Pulau Flores di Labuan Bajo. Untuk mencapai Kabupaten Nagekeo, anda dapat menggunakan transportasi laut di Pelabuhan Aimere di Kabupaten Ngada atau Pelabuhan Ipi di Kabupaten Ende. Melalui transportasi udara, kabupaten ini belum memiliki Bandar udara, tetapi anda dapat melalui Bandar Udara Soa di Bajawa atau Bandar Udara H. Hasan Aroeboesman di Ende.

Setelah itu, anda harus melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi darat.Terdapat beberapa piihan transportasi darat dari Bajawa atau Ende ke Mbay dengan menggunakan jasa travel atau bis antar kota dalam provinsi (AKDP) dengan biaya sekitar Rp 50.000. 

Di Nagekeo, juga terdapat pelabuhan ASDP di Mbay tepatnya di Desa Maropokot. Pelabuhan ini dapat dengan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Selain itu dapat menggunakan jasa ojek dengan biasa Rp 10.000 – Rp 20.000.

puulundu-kampung-di-kaki-gunung_1gunung-ebulobo_1Kendati sebagai daerah baru, Nagekeo merupakan sebuah kabupaten yang memiliki begitu banyak potensi wisata baik alam, budaya dan bahari. Pesona pantai EnaGera di Mauponggo merupakan satu dari sekian pantai yang berdayatarik wisata. Nagekeo juga memiliki sumber Mata Air panas di kecamatan Aesesa yang menjadi destinasi yang sangat digemari para pengunjung. Sumber air panas selain sebagai tempat rekreasi tetapi juga sarana pengobatan bagi pengunjung yang bermasalah dengan penyakit kulit dan lain sebagainya. Sarana wisata lainnya adalah Bendungan Sutami yang terletak didalam kota Mbay yang selama ini bermanfaat untuk mengairi wilayah persawahan Danga-Mbay. Dengan design yang menarik dan letaknya dalam kota maka lokasi ini bisa jadi sebuah tempat wisata lokal.

atraksi-budaya-menanam-padi_1Kabupaten Nagekeo juga dikenal sebagai daerah yang kaya akan kesenian daerah. Potensi kesenian daerah yang dimiliki berupa berbagai jenis tarian dan atraksi kesenian khas daerah seperti Todagu, Tea Eku, Dalata, Goe-goe, Iki Mea, tinju adat Ethu dan sebagainya. Ada juga beberapa hasil kerajinan tangan (tenun) daerah seperti Ragi Mbay, Hoba Nage dan lain-lain yang bisa menjadi souvernier bagi wisatawan yang berkunjung ke Nagekeo.

Cetak