Kabupaten Ngada

Kampung Adat Bena_3Kabupaten Ngada terletak di Pulau Flores dengan ibukota di Bajawa. Kabupaten ini merupakan gabungan 3 (tiga) buah Swapraja yaitu Swapraja Ngadha, Swapraja Nagekeo dan Swapraja Riung sehingga corak budaya dan ragam sosial yang dimiliki sangat bervariasi yang juga memberikan ciri dan corak khusus pada perilaku masyarakatnya. Kabupaten Ngada termasuk daerah yang beriklim tropis sehingga perubahan suhu tidak dipengaruhi oleh pergantian musim, tapi ditentukan oleh perbedaan ketinggian dari permukaan laut. Kondisi tersebut merupakan salah satu faktor yang menentukan mata pencaharian penduduk dan jenis tanaman/ternak yang diusahakan/dipelihara.

Untuk datang ke Kabupaten Ngada dapat melalui transportasi udara, darat dan laut. Untuk transportasi laut dapat melalui Pelabuhan Aimere. Selian itu juga, Kabupaten Ngada memiliki fasilitas pelabuhan ferry Maumbawa terletak di ujung timur pantai selatan Kabupaten Ngada berbatasan dengan Kabupaten Nagekeo, dengan jarak 30 km dari ibukota Kabupaten Ngada. Melalui jalur udara, Kabupaten Ngada memiliki sebuah Bandar Udara Soa di Kecamatan Soa, berjarak 15 km dari Bajawa. Bandar udara ini telah memiliki fasilitas pelayanan yang layak di darati oleh pesawat terbang jenis Fokker 50 milik maskapai Trans Nusa dan Merpati Nusantara Air Lines dengan rute Kupang – Soa - Kupang.

Masyarakat Ngada yang terbagi dalam 3 (tiga) Persekutuan Adat, Ngada, Soa dan Riung, yang memiliki kekhasan dan dapat diarahkan sebagai modal untuk pembangunan industri kepariwisataan. Keanekaragaman potensi pariwisata Kabupaten Ngada meliputi, Objek Wisata Alam seperti Taman 17 Pulau, Sumber Air Panas, Pasir Putih. Objek Wisata Budaya seperti Kampung Megalith, Event-event budaya. Dan Objek Wisata Sejarah/Purbakala, Fosil Gajah Purba (Stegodon).

Berbagai kampung adat yang masih dilestarikan merupakan peninggalan budaya turun temurun yang belum dapat diperhitungkan sejak dari abad keberapa. Adat dan kebudayaan masih tetap dipelihara dan sering dilaksanakan upacara adat dalam berbagai aktifitas manusia untuk meminta perlindungan dan keselamatan dari sang pencipta.

Cetak