Kabupaten Lembata

Transportasi di LembataKABUPATEN LEMBATA dengan ibukota terletak di Lewoleba merupakan sebuah kabupaten kepulauan yang terletak diantara Pulau Adonara FloresTimur dan Pulau Pantar di Kabupaten Alor. Kabupaten ini dipimpin oleh Bupati Eliaser Yantje Sunur dan Wakil Bupati Victor Mado Watun. Bahwa Lembata atau sebagaimana populernya disebut pulau Lembata sebelum ini bernama pulau Lomblen itu, adalah sebuah pulau diantara pulau-pulau lainnya di sekitar pulau Flores, antara lain Solor, Adonara dan kepulauan Alor yang apabila ditempuh memakan waktu 3 – 4 jam perjalanan laut.

Diantara budaya daerah yang populer di Lembata secara turun menurun antara lain adalah tandak, sokasika, tari piring dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan masalah kebiasaan lain yang tak dapat dipisahkan dengan adat, adalah pintal benang yang berasal dari kapas untuk dijadikan bahan baku menenung kain sarung adat.

Selain itu, gading gajah juga dijadikan mas kawin/belis yang tak dapat dipisahkan dari adat. Walaupun disana (Lembata) tidak pernah ada gajah tetapi gadingnya sangat berarti bagi orang Lembata saat melamar/meminang anak gadis dengan terlebih dahulu menyanggupi mas kawinnya (gading gajah) dengan berbagai latar belakang seperti faktor keturunan/ningrat, serta status ekonomi orang tua perempuan yang akan dilamar dan sebagainya. Karena adalah ketentuan adat yang tak dapat dielakkan, sehingga menimbulkan kata kiasan dan iseng orang tertentu mengatakan Sumatera hanya punya gajah tetapi tak punya gading, demikian sebaliknya Lembata punya gading tetapi tak pernah ada gajah yang hidup disana.

Transportasi yang menghubungkan kabupaten Lembata adalah :
Transportasi laut antara lain:

  • Rute Fery : Kupang - Lewoleba (setiap hari Senin)
  • Rute Motor Laut : Larantuka - Lewoleba (setiap hari pergi-pulang)
  • Rute Kapal Pelni : Kupang - Lewoleba ( setiap 2 minggu) 

Transportasi udara antara lain:

  • Merpati Nusantara Air Lines : sekali seminggu dengan rute Kupang - Lewoleba
  • Penerbangan Pesawat Susi Air( Pesawat Karavan - Perintis untuk 12 Penumpang) Hampir Setiap hari melayani penerbangan Kupang - Lewoleba PP.
Cetak