Tenun Ikat dan Pakaian Adat Flores Timur

Pulau Solor_1

Tenun Ikat Solor
Tenun ikat Solor ini merupakan tenun ikat yang berasal dari daerah pulau Solor, Kabupaten Flores Timur, dimana merupakan kegiatan Ibu rumah tangga disela-sela kegiatanya, namun kini sudah berlaih sebagai mata pencarian diwilayah tersebut, dimana hasil tenunan tersebut dijual.

 

Pakaian Adat

Witihama
Pakaian adat ini berasal dari daerah Witihama, Kabupaten Flores Timur, NTT. Busana Pria Nowing dan Selendang, Wanitanya Kwatek dan selendang, Aksesoris Ronggot (Bulu ayam), sue, kalbala,sidok,anting,gelang/selaka Properti Pedang, gala, dopi.

Solor Selatan
Pakaian adat ini berasal dari daerah Solor Selatan, Kabupaten Flores Timur, NTT. Busana Pria Nowing, Wanitanya Kwatek. Aksesoris Kenobo (koli). Properti Lakang dengan beletu, wayak dan tenure.

Solor Timur
Pakaian adat ini berasal dari daerah Solor Timur, Kabupaten Flores Timur, NTT. Busana pria Nowing, Wanitanya Kwatek & selendang. Aksesoris Nile & Kalabala. Properti Kenube, gala, rako, Kleka & wayak.

Solor Barat
Pakaian adat ini berasal dari daerah Solor Barat, Kabupaten Flores Timur, NTT. Busana pria Senai & selendang, Busana wanita Kwatek, temodol dan selendang. Properti wayak.

Adonara Timur
Pakaian adat ini berasal dari daerah Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, NTT. Busana pria senai. Busana wanita kwatek. Aksesoris pastipo, kenobo, kalabale, Nile.
Properti pedang, gala, dopi, raka-kleka, wayak, tenure.

Ile Boleng
Pakaian adat ini berasal dari daerah Lle Boleng, Kabupaten Flores Timur, NTT. Busana Pria Senai dengan met. Busana Wanita kwatek, tenapi dan selendang. Aksesoris kenobo, kalabale, Nile.Properti pedang, gala, dopi, raka-kleka, wayak, tenure.

Tanjung Bunga
Pakaian adat ini berasal dari daerah Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur, NTT. Busana Pria Senai, baju senuji. Busana Wanita kwatek, baju senuji. Aksesoris Met, muti, topi bulu ayam, kalabala, nile. Properti keris.

Cetak