Artikel

Sail Komodo Rubah Wajah Mabar

LABUAN BAJO - Kegiatan hajatan dunia Sail Komodo 2013 yang akan berlangsung tahun depan diharapkan dapat merubah wajah Kabupaten Manggarai Barat menjadi lebih baik dari sekarang.

Dengan total anggaran Rp 2,5 triliun lebih harus ada porsi yang jelas dimana Manggarai Barat wajib memiliki anggaran yang lebih besar dibanding daerah lainnya. "Sail Komodo 2013 harus rubah wajah Manggarai Barat lebih baik," ujar Wakil Bupati Mabar. Gasa Maximus, disela-sela HUT Dinas Pekerjaan Umum (PU) Mabar yang dihadiri Wagub NTT, Esthon Foenay, Senin (3/12).

Dikatakan, total anggaran untuk Sail Komodo 2013 mencapai dana Rp 2,5 triliun yang akan dibagikan juga ke daerah lainnya. Namun, harus disadari bahwa puncak acara hajatan internasional itu akan berlangsung di Labuan Bajo, Manggarai Barat. Dengan demikian, kata Gasa, dari total anggaran yang ada, daerah ini perlu mendapat porsi anggaran yang lebih besar dibanding daerah lain.

Pembenahan berbagai sarana dan prasarana serta infrastruktur masih terus dilakukan. Diharapkan anggaran yang ada digunakan maksimal untuk membangun daerah Manggarai Barat menjadi lebih baik dari hari ke hari. Karena kini Manggarai Barat masih tergolong muda.

Kepala Dinas PU Mabar, Johanes Oematan dalam kesempatan itu mengakui dalam tahun 2012 ini tercatat sedikitnya dana Rp 260 miliar lebih yang bersumber dari APBN sudah dihabiskan untuk berbagai kegiatan proyek yang mendukung kegiatan Sail Komodo 2013 mendatang.

Proyek-proyek fisik, jalan, jembatan dan tanggul pesisir sedang dikerjakan. Masalah yang paling mendasar saat ini, kata dia, untuk Kota Labuan Bajo, adalah air minum bersih dimana volume air untuk bisa menjawab kebutuhan masyarakat lebih tinggi dibanding ketersediaan volume air yang ada.

Jumlah penduduk yang ada 25 ribu lebih dengan kebutuhan masyarakat 84 liter per detik. sedangkan volume air hanya 34 liter per detik. Karena itu dengan adanya water treatment bantuan Pemerintah Provinsi diharapkan bisa membantu masyarakat yang mengalami kekurangan.

Wagub NTT, Esthon Foenay, mengatakan, hajatan Sail Komodo 2013 mendatang akan dihadiri Presiden SBY yang akan turun langsung di Bandara Komodo. Sail Komodo ini akan dimulai pada 24 Juli 2013 yang disinggahi kapal-kapal layar wisata bertolak dari Darwin-Australia. Dia mengaku sudah berbicara secara intens dengan Menteri dan Pejabat penting tentang berbagai persiapan dan yang perlu dilakukan menjemput sail Komodo 2013 ini.

Dikatakan Esthon, Kota Labuan Bajo akan menjadi puncak kegiatan Sail Komodo 2013. Sejumlah kegiatan akan digelar termasuk parade perahu layar dalam kawalan TNI dan kegiatan lainnya. "Yang lebih penting kita harus siap menyambut ini, pemerintah, masyarakat dan stakeholder yang ada harus persiapkan diri agar kesempatan berahmat ini bisa membawa dampak bagi kita sendiri dan daerah ini," harapannya.

http://nttprov.go.id/provntt/index.php?option=com_content&task=view&id=2595&Itemid=1

Cetak