Air Terjun Ogi

Air terjun Ogi terletak di Pape, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. Jaraknya ± 8 km dari pusat kota Bajawa atau sekitar 25 menit perjalanan. Sebenarnya waktu tempuh bisa menjadi lebih singkat, ini disebabkan oleh kondisi jalan yang rusak, curam serta berbelok-belok tajam.

Pesona

Lokasinya sendiri berada beberapa ratus meter dari bibir jalan sehingga anda harus memarkir kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Karena belum ada penunjuk arah ke Air Terjun Ogi, anda dapat bertanya pada penduduk lokal, pihak hotel atau petugas-petugas hotel di Bajawa. Ini juga sangat berguna sebagai guide jalanan untuk wisata di sekitar Bajawa terutama wisata ala backpacker yang penuh petualangan. 

Hijaunya pepohonan dan rimbunan padi menjadi pengantar menuju air terjun. Air Terjun Ogi kira-kira sekitar 30 meter dari permukaan tanah. Dengan volume air yang cukup banyak dan jatuh dari ketinggian ini menyebabkan hempasan air menjadi keras. Bebatuan menghiasi aliran air, rumput-rumput hijau menempeli tanah. Tempat ini pernah digunakan oleh PLN untuk menjadi pembangkit listrik, namun saat ini sudah tidak beroperasi lagi.

Air yang jatuh tadi mengaliri sungai yang dipenuhi bebatuan dan langsung menuju selokan yang mengarah ke sawah warga. Jadi air yang berasal dari air terjun ini juga dimanfaatkan untuk mengairi sawah di sekitarnya. Di samping air terjun terdapat anak tangga dari besi yang menuju ke puncak air terjun. Di sekitar tebing juga sering dijumpai monyet-monyet dari hutan di sekitar air terjun yang sedang berkeliaran.

Aktivitas

Untuk dapat menjelajahi lokasi ini, anda dapat meminta bantuan warga sekitar atau menggunakan jasa guide yang ada di Bajawa.

Akomodasi

Karena jaraknya yang dekat dengan kota Bajawa, anda dapat menginap di hotel-hotel yang ada di Bajawa seperti Bintang Wisata, Edelweiss, Korina, Silverin, Happy-happy dan sebagainya.

Kuliner

Tidak ada tempat makan di sekitar lokasi, disarankan anda membaya makanan ringan. Namun jika ingin mencari tempat makan, Camelia Restaurant, Lucas Restaurant dan Ditos menjadi rekomendasi selain menyediakan makanan yang lezat, letaknya dekat dengan beberapa hotel di Bajawa.

Transportasi

Tidak ada angkutan umum yang menuju ke obyek wisata ini. Anda dapat menggunakan ojek untuk menuju Ogi.

Cetak